Minggu, Januari 23, 2022

Bupati Garut Punya Kebun 8 Hektar di Desa Cinta Karangtengah,Bantah Penyebab Banjir Bandang

$rows[judul] Keterangan Gambar : Bupati Garut Rudy Gunawan

Garutpos.com-  Bupati Garut Rudy Gunawan membantah terjadinya banjir bandang Sukawening dan Karangengah akibat alih fungsi lahan,seperti yang diungkapkan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhalul Ulum. 

Menurut Rudy,tidak ada alih fungsi lahan. Dari dulu sudah ditanami hortikultura bahkan ada lahan perhutani yang dijadikan areal tanaman tumpangsari. 

Rudy justru mengaku dirinya memiliki lahan perkebunan di kampung Patrol desa Cinta kecamatan Karangtengah seluas 8 hektar yang sudah ditanami Holtikultura sejak 1995.

Rudy membantah penyebab banjir bandang berasal dari sekitar perekebunan miliknya.  “Harus dilihat lagi ke atas, bukan dari kebun saya, bukan dari daerah kita, longsoran kebanyakan dari daerah Cintamanik,” bantahnya," Senin (29/11-2021) usai pimpin upacara HUT Korpri di lapangan Setda. 

Rudy mempersilahkan mempersilakan asesmen secara menyeluruh terhadap kawasan tersebut, termasuk kawasan-kawasan milik Perhutani.

Menurut Rudy ada lahan sekitar 200 hektar di kawasan tersebut yang digunakan bertani oleh masyarakat sejak dahulu. Rudy meyakini penyebab banjir bandang akibat curah hujan yang tinggi yang mencapai 115 milimeter, beda sedikit dengan banjir bandang sungai Cimanuk yaitu 125 milimeter. 

Dijelaskan Rudy, selain curah hujan yang tinggi, penyeba lainnya yaitu adanya sedimentasi pada sungai-sungai yang ada sebesar 80 persen.

“Itu enam sungai yang menuju sungai besar Citameng, ada sedimentasi 80 persen, karena berpuluh-puluh tahun tidak dipelihara. Kami akui tidak dilakukan pemeliharaan terhadap sungai itu,” pungkas Rudy. (Ogi Andreansyah)

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)